JERMAN

Jumat, 10/10/2014, 12:20
Jelang FBF 2015, Indonesia Memperkenalkan Budaya di Jerman

JERMAN Fauzi Bowo, Jerman
 

jelang-fbf-2015-indonesia-memperkenalkan-budaya-di-jerman ist
BERITA TERKAIT
 
Indonesia akan tampil maksimal sebagai tamu kehormatan pada Frankfurt Book Fair (FBF) tahun 2015. Sebagai persiapannya, Indonesia melakukan road show ke sejumlah kota besar di Jerman.

Dilansir dari detikcom, kegiatan dalam rangka memperkenalkan budaya bangsa ini difasilitasi oleh Kedutaan Besar RI di Jerman. Beberapa kota besar yang disinggahi diantaranya Leipzig dan Hamburg.

"Kami fasilitasi apa yang perlu difasilitasi, salah satu di antaranya kita melakukan road show. Jadi memperkenalkan bahwa kita tahun depan akan menjadi guest of honour ke kota-kota besar di Jerman," ujar Fauzi Bowo, Duta Besar RI di Jerman, di Frankfurt, Rabu (8/10/2014).

Bagaimana sambutan masyarakat Jerman terhadap budaya Indonesia? Fauzi Bowo menuturkan, selama road show Indonesia mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat Jerman.

"Sambutannya sangat baik. Saya sangat surprise bahkan banyak juga yang menawarkan poetry activity untuk mensukseskan ini, " lanjut pria yang akrab disapa Bang Fauzi itu.

Menurutnya, antusiasme masyarakat Jerman terhadap budaya bangsa Indonesia sangat tinggi. Hal ini sangat terasa dari kehangatan sambutan masayarakat selama road show.

"Itu tadi dikatakan pengertian dan mau mengerti itu berbeda. Orang Jerman itu banyak yang punya pemahaman tentang Indonesia, tetapi ingin lebih memahami indonesia lebih baik, jadi sambutannya sangat baik," papar Fauzi Bowo.

Karena itu, Indonesia perlu kerja keras untuk bisa tampil maksimal sebagai tamu kehormatan dalam FBF tahun depan. Indonesia juga bekerjasama dengan mitra di Berlin untuk mensukseskan program tersebut. "Kita tidak kerja sendiri, kita kerja dengan mitra kita di Berlin dan beberapa kota lain akan kita kerjakan sampai praktek 2015 nanti," katanya.

Dalam ajang internasional ini, lanjut Fauzi Bowo, Indonesia baru sampai pada tahap awal dalam perkembangan literatur dibandingan dengan negara-negara lain. "Kita pada fase permulaan, dibandingkan dengan Jerman yang perkembangan literasi dan perangkat yang ada perkembangannya barangkali jauh lebih advance dengan Indonesia," katanya

"Beberapa tahun lalu mereka sudah concern dengan elektronik literasi. Ini merupakan pelajaran sangat berharga buat Indonesia dengan memanfaatkan peluang ini sebagai guest of honour," tukas Fauzi Bowo. (ag/ip)

Berita Terbaru

Aksi Iwan Fals Meriahkan Munas OI di Lampung
Dalam aksi panggungnya, Iwan Fals yang berduet dengan Gubernur Lampung menyanyikan lagu "Manusia Setengah Dewa" dan "Asyik Gak Asyik"

Gol Sanchez Bawa Arsenal ke Final Piala FA
Di final nanti, mereka akan berhadapan dengan Chelsea, yang sebelumnya mengalahkan Tottenham Hotspurs 4-2.

Barca Geser Madrid di Puncak Klasemen
Dengan raihan angka sama, Madrid pun tergusur ke posisi kedua.

Marquez Juara di MotoGP Amerika
Pada balapan kali ini, rekan satu tim Rossi dari Yamaha Maverick Vinales harus tersingkir sejak awal

Anies Tak Ingin Buru-buru Bahas Program Kerja
Sekarang kita bangun suasana tenang damai dulu suasana yang sejuk.